Sistem Penyediaan Air Bersih

Sistem Penyedian Air

bagi manusia, air minum adalah salah satu kebutuhan utama dan fungsinya bagi kehidupan tidak pernah dapat digantikan oleh senyawa lain. Badan manusia terdiri dari 65% air atau terdapat sektar 47 liter per orang dewasa. Sertiap hari 2,5 liter dari jumlam air tersebut harus digantikan dengan air yang baru. Diperkirakan dari jumlah air yang harus diganti, 1,5 liter berasal dari air minum dan sekitar 1 liter berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi. Sistem penyediaan air bersih meliputi besarnya komponen pokok antara lain: unit sumber baku, unit pengoolahan, unit produksi, unit transmisi, unit distribusi dan unit konsumsi.

PP No. 16 Tahun. 2005 Tentang Pengembangan sistem penyediaan air minum, sitem penyediaan air minum yang slanjutnya disebut SPAM yang merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum. Air minum adalah air minum rumah tangga yang melalui proses atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Pengelolaan sistem penyediaan air yang selama ini berjalan di indonesia sempat geger karena mahkaman konstitusi memberikan keputusan yang intinya menghapus undang-undang NO 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air.

Keputusan MK menyatakan bahwa UU No 7/2004 bertentangan dengan UUD 1945, sehingga tidak memiliki kekuatan hukum mengikat dan diperlakukannya kembali UU No 11/1974 tentang pengairan. MK dalam keputusannya yang progresif tersebut menyatakan , UU No &/2004 tentang sumberdaya air dalam pelaksanaannya belum menjamin terwujudnya amanat konstitusi tentang hak penguasaan negara atas air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *