Pengolahan Air Bersih

Cara Mengolah Air Bersih

Air bersih adalah kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Dalam keseharian, air bersih digunakan untuk berbagai keperluan, dari minum, mandi, cuci, masak dan lainya. Hasil dari aktivitas masyarakat tersebut adalah air buangan / air limbah. Selain dari rumah tangga, air buangan juga dapat berasal dari industri  maupun kotapraja. Lalu bagai mana air buangan tersebut diolah menjadi air bersih?

Secara umum, pengolahan air bersih terdiri dari 3 aspek, yakni pengolahan secara fisika, kimia dan biologi. Pada pengolahan secara fisika, biasanya dilakukan secara mekanis, tanpa adanya penambahan bahan kimia. Contohnya adlah pengendapan, filtrasi, adsopsi, dan lain-lain. pada pengolahan secara kimiawi, terdapat penambahan bahan kimia, seperti klor, tawas dan lain-lain, biasanya bahan ini digunakan untuk menyisihkan logam-logam berat yang terkandung dalam air. sedangkan pada pengolahan secara biologis, biasanya memanfaatkan mikroorganisme sebagai media pengolahanya.

Sebenarnya banyak yang memberikan pengertian tentang air bersih, yang pasti air bersih itu adalah kebtutuhan utama bagi seluruh mahluk yang ada di bumi baik untuk proses metabolisme, maupun untuk keperluan pokok lainya. berdasarkan teori secara umum sumber air bersih terdapat tiga macam diantaranya air permukaan, air hujan dan air tanah. Tetapi ketiganya masih belum dipastikan  baik untuk digunakan oleh  manusia, sebab untuk memenuhi syarat kelayakanya harus dilakukan  penelitian terlebih dahulu baik secara fisika, kimia, radio aktif dan bakteriaologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *